Home / Uncategorized / PT Freeport Indonesia Di Protes Karyawan

PT Freeport Indonesia Di Protes Karyawan

PT Freeport Indonesia Di Protes Karyawan – Beberapa karyawan PT Freeport Indonesia lakukan memprotes. Mereka mengakui haknya tidak tercukupi sesuai sama undang-undang. Dari mulai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) , pemblokiran BPJS, sampai menyebabkan sembilan karyawan wafat.

Derita dimulai dari program furlough atau merumahkan karyawan mulai sejak ada negoisasi kontrak karya beralih jadi Ijin Usaha Pertambangan Spesial (IUPK) pada Freeport Indonesia dengan pemerintah.

Ikhwan Arief satu diantara karyawan menyebutkan, apa yang dikerjakan Freeport adalah bentuk pelanggaran HAM, dengan merampas hak atas kesejahteraan, hak keadilan, serta hak rasa aman, yang semuanya terdaftar dalam Undang-Undang Nomor 39 Th. 1999 Mengenai Hak Asasi Manusia.

Furlogh atau program merumahkan karyawan yaitu langkah halus yang ujungnya PHK sepihak.

” Freeport lakukan ini dengan argumen ada pengurangan produksi, pekerjaan, perampingan. Serta kami lihat ini karna akibat berlarutnya negoisasi Freeport dengan pemerintah masalah IUPK. Cuma pemerintah yang dapat merampungkan masalah hak-hak kami, ” tuturnya pada wartawan, Selasa (19/12/2017) .

Perlakuan sepihak Freeport, kata dia, sudah menyebabkan sembilan karyawan wafat dunia. Mereka tidak dapat membayar cost penyembuhan, karna jaminan kesehatan (BPJS) diblokir oleh manajemen.

” Rekan kami wafat dalam perawatan, BPJS diblokir serta mesti memikul cost sendiri, ” jelasnya.

Disebutkan, ada sekitaran 3 ribu karyawan alami nasib yang sama. Sebagian besar pilih pulang, karna untuk bertahan di Timika, Papua, mereka tidak dapat. Terkecuali tidak mempunyai rumah, juga karena cost hidup yang mahal.

” Kami jadi warga negara Indonesia, memohon pada pemerintah supaya selekasnya merampungkan masalah yang dihadapi karyawan Freeport, ” tegas Ikhwan yang mengakui telah 12 th. bekerja di Freeport.

Beberapa pekerja juga mengharapkan, pemerintah dapat kembalikan jaminan kesehatan (BPJS) yang sudah diblokir. Karna Freeport dengan berniat tidak membayar jaminan kesehatan pada karyawan yang lakukan mogok kerja sampai wafat dunia.

” Ini telah sangat lama, penelantaran yang dikerjakan Freeport. Pemerintah mesti selekasnya merampungkan. Supaya Freeport bertanggungjawab serta prinsip pada hak karyawannya, ” kata karyawan beda, Agung Widyatmoko.

” Kami memohon Presiden Joko Widodo turun tangan. Serta tidak memberi ijin export konsentrat Freeport, karna sudah lakukan pelanggaran HAM pada karyawannya, ” tandas Agung.

About admin