Home / Uncategorized / Produksi Beras Dunia Diperkirakan Merosot | Mancanegara

Produksi Beras Dunia Diperkirakan Merosot | Mancanegara

Kekeringan yang cukup parah yang terjadi di beberapa wilayah tertentu, menyebabkan pasokan beras dunia  terancam kurang, hal ini secara otomatis akan meninggikan harga beras itu sediri.

Cuaca ekstrim panas juga kekeringan yang disebabkan fenomena alam El Nino memberikan dampak buruk pada produksi beras di negara India, Thiland,Pakistan, juga Vietnam yang merupakan pemasok terbesar sekitar  60 persen dari beras dunia.

Produksi beras yang dihasilkan negara-negara itu diperkirakan merosot hingga 19 juta ton sampai akhir tahun 2016 nanti.  Padahal untuk tahun 2013, hasil produksi beras dunia sekitar 43.000.000 ton.

“Sudah dapat dipastikan jika pasokan beras akan sangat minim dan keadaan  ini akan sangat berpengaruh pada harga pasar,” ungkap Dr Saramendu Mohanty dari Institut Riset Beras Internasional.

“Keadaan krisis ini akan sangat tergantung pada apa yang akan terjadi pada musim hujan yang akan datang. Bila musim kekeringan ini terjadi berkelanjutan di Indonesia juga India maka persoalan besar harus kita hadapi,” imbunya.

“Memang untuk sekarang, keadaannya tidak akan seburuk sepert yang terjadi di 2008 tapi  negara yang terkena imbas harus berlaku rasional jugatk panik, dan harus belajar bersikap dari pengalaman yang lalu,” kata Saramendu lagi.

About admin