Home / Uncategorized / Tol Sumo Di Resmikan Presiden

Tol Sumo Di Resmikan Presiden

Tol Sumo Di Resmikan Presiden – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini resmikan beroperasinya jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) di Gerbang Tol.

Tiba di tempat sekitaran puku 14. 50 WIB, Jokowi segera diterima Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Walikota Surabaya Tri Risma Harini, Direktur Paling utama Jasa Marga, Desi Arryani dan beberapa petinggi yang lain.

Peresmian dikerjakan dengan penekanan sirine oleh Presiden Jokowi. Ada tiga seksi jalan tol yang diresmikan mencakup Seksi IB Sepanjang-Western Ring Road (WRR) (4, 3 Km) , Seksi II WRR-Driyorejo (5, 1 Km) , dan Seksi III Driyorejo-Krian (6, 1 Km) .

Dengan rampungnya ke-3 seksi itu, jadi Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dengan keseluruhan selama 36, 27 Km sudah beroperasi seutuhnya. Pengoperasian ke-3 seksi ini menyusul dua seksi Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang sudah dioperasikan terlebih dulu, yakni Seksi IA selama 2, 3 Km (Waru-Sepanjang, diresmikan Agustus 2011) , dan Seksi IV selama 18, 47 Km (Krian-Mojokerto, diresmikan Maret 2016) .

” Tiga seksi ini yaitu tiga seksi terakhir yang mengisyaratkan tol ini telah rampung seutuhnya ” kata Jokowi di tempat acara, Selasa (19/12/2017) .

Pembangunan Tol Surabaya-Mojokerto ditujukan jadi jalan alternatif beda untuk menukar peranan dari jalan yang lama. Jawa Timur jadi provinsi yang alami perubahan jalan raya yang begitu cepat, dengan pembangunan jalan tol menyebabkan akibat yang luas pada keadaan perekonomian dan jalan raya untuk Kota Mojokerto.

Jalan tol ini diinginkan jadi jalan keluar macet di selama Surabaya-Mojokerto. Dari mulai macet di Medaeng, Selama, Kletek, sampai titik macet di Mojokerto. Jarak tempuh Surabaya-Mojokerto sampai kini ditempuh dengan saat 2 jam. Waktu jalan tol ini dioperasikan, bisa memotong saat jarak tempuh cuma jadi 45 menit.

Beroperasinya semua seksi Jalan Tol Surabaya-Mojokerto jadi pelengkap project Jalan Tol Trans Jawa yang juga akan membentang dari Jakarta sampai Surabaya. Ditargetkan pada 2018 semua ruas Tol Trans Jawa telah tersambung. Sepanjang 3 th. Pemerintahan Jokowi sampai akhir 2017, keseluruhan panjang jalan tol yang sudah beroperasi menjangkau 332, 6 km.

Jalan tol yang membentang dari Kota Surabaya sampai Kota Mojokerto ini dikelola oleh PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (PT JSM) yang disebut anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Nilai investasi jalan tol yang melalui 4 lokasi kota/kabupaten ini sebesar Rp 4, 9 triliun dengan kepemilikan sebagian besar saham sebesar 55% oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. , 25% oleh PT Moeladi, dan 20% oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

About admin